topbella

Minggu, 12 Mei 2013

SAINS UNTUK PEMULA


Energi Dalam Kehidupan
Pernahkah kamu merasa lelah dan kekurangan energi?
Ketika merasa begitu, kamu tidak ingin melakukan apapun, bukan? Kamu hanya ingin duduk atau berbaring. Setelah itu, baru kamu merasa segar kembali. Kamu merasa tubuhmukembali terisi energi. Kamu ingin bangkit, beraktivitas, dan melakukan berbagai hal lagi.
Itu merupakan gambaran penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu tidak memiliki energi, kamu tidak dapat bergerak, beraktivitas, bahkan berpikir. Namun energi tidak berkaitan dengan tubuhmu saja. Mobil membutuhkan energi agar dapat bergerak. Contoh lain, kincir angin dapat bergerak karena adanya energi. Bunyi-bunyian yang ada disekitarmu merupakan bentuk dari energi. Cahaya yang ada disekitarmu juga merupakan energi.
Kita tidak mungkin hidup tanpa energi. Oleh karena itu sepanjang hidupnya manusia senantiasa mencari berbagai sumber energi. Sumber energi yang biasa digunakan oleh manusia adalah sumber energi minyak bumi. Namun karena terus-menerus digunakan, jumlahnya sekarang terus menipis. Kita harus mencari sumber alternative untuk mengatasi hal tersebut.
Apakah Energi Itu?
Pengertian Energi
Kamu kehilangan banyak energi jika kamu sibuk dan aktif, makanan memberi kamu energi untuk hidup. Mobil menggunakan bahan bakar untuk sumber energi. Tetapi apa sebenarnya energi itu?
Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau membuat sesuatu terjadi. Energi memiliki banyak bentuk. Ada energi gerak, panas, cahaya, suara, kimia, dan radioktivitas. Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi hamper semua yang kamu pikirkan berkaitan dengan energi. Tidak akan ada yang bergerak karena gerakan memperlihatkan adanya energi.
Tidak aka nada cahaya karena cahaya merupakan salah satu bentuk energi. Tidak akan ada panas, karena panas juga bentuk dari energi. Suarapun termasuk bentuk dari energi, sehingga tidak aka nada suara. Bahkan atom dan molekul yang membentuk benda diikat oleh kekuatan yang memperlihatkan adanya energi. Dunia tanpa energi akan diam, gelap, sunyi, dan dingin. Jadi tidak bisa terbayang bukan hidup tanpa energi.
Sumber-sumber Energi
Kita mendapatkan energi dari banyak sumber, diantaranya minyak bumi, gas, batu bara, matahari, air, dan angin. Bahkan makananpun merupakan sumber energi. Makanan memiliki energi kimia, matahari menghasilkan energi cahaya dan panas.
Minyak bumi merupakan sumber energi yang hingga kini paling banyak digunakan. Minyak bumi biasa diolah menjadi bensin untuk bahan bakar kendaraan. Minyak bumi, bersama-sama dengan gas, biasa digunakan dirumah tangga untuk bahan bakar kompor. Batu bara biasa digunakan untuk keperluan industri.
Energi Dari bahan Bakar Fosil
Bayangkan kamu berada dimobil angkutan kota untuk pergi kesekolah. Ditengah jalan, tiba-tiba mobil angkutan umum tersebut mogok. Pak sopir berulang kali menjalankan mesin, tapi tidak bisa. Ternyata bensin mobil tersebut habis! Akhirnya kamu terlambat sampai kesekolah karena mobil tersebut mogok.
Dari uraian diatas terlihat hidup tanpa bahan bakar itu akan sulit. Hampir semua kehidupan membutuhkan bahan bakar. Kendaraan umum, motor, mobil pribadi, dan lainnya membutuhkan bahan bakar.
Bahan bakar adalah bahan yang dibakar untuk melepaskan energy. Hingga kini, bahan bakar yang biasa digunakan oleh kendaraan adalah bensin dan solar. Bensin dan solar termasuk bahan bakar fosil. Bahan lain yang termasuk bahan bakar fosil adalah batu bara dan gas alam. Bahan bakar fosil adalah bahan bakar yang berasal dari jasad hidup yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu.
BATU BARA
Batu bara merupakan batu berwarna hitam yag dibentuk oleh molekul karbon, hydrogen, dan oksigen. Batu bara biasa dibakar untuk bahan bakar. Batu bara juga dapat digunakan untuk bahan mentah proses industry.
Ketika dibakar, batu  bara menghasilkanenergi panas. Pada mensin yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya. Panas yang dihasilkan dari batu bara digunakan untuk mengubah air menjadi uap. Uap panas ini digunakn untuk memutar turbin, energy gerak dari putaran turbin lalu diubah menjadi energy listrik.
Pembentukan Batu Bara
Batu bara berasal dari sejumlah besar tumbuhan yang tumbuh dirawa-rawa sekitar 360-290 juta tahun yang lalu. Tumbuhan ini tentunya mengandung energy. Ketika tumbuhan tersebut mati, mereka dikubur dibawah air dan lumpur. Energi dari tumbuhan pun terperangka. Lapisan-lapisan baru dari tumbuhan baru dari tumbuhan lain yang mati kemudian terbentuk seiring temperatur dan tekanan terhadap tumbuhan yang sudah membusuk terus bertambah.
Setelah berjuta-juta tahun, tekanan mengubah lapisan tumbuhan yang sudah membusuk menjadi batu bara. Batu bara mengandung energy yang terperangkap didalam tumbuhan. Batu bara dapat dibagi menjadi batu bara lunak dan batu bara keras. Batu bara lunak umurnya lebih muda disbanding batu baa keras.
Gas Alam
Gas alam terbentuk dengan jalan yang sama dengan batu bara. Namun terdapat perbedaan antara batu bara dan gas alam dalam hal pembentuknya. Gas alam terbentuk dari plankton, tumbuhan  dan hewan sederhana yang disebut ganggang dan protozoa. Organisme kecil ini tertimbun didasar laut selama sekitar 500 juta tahun. Karena waktu, tekanan dan temperatur yang tinggi membuatnya menghasilkan gas alami. Gas alam biasanya mengandung jenis gas yang disebut metana sebanyak 85%, etana 10%, dan sejumlah kecil propana, butana, dan alkana. Metana adalah gas yang biasa digunakan sebagai bahan bakar kompor gas. Bahan bakar gas memenuhi kebutuhan sekitar 25% kebutuhan energy didunia.
Gas alam biasa digunakan untuk bahan bakar dan bahan mentah indusri kimia. Sebagai bahan bakar, gas biasa bibakar pada kompor gasdan pemanas air. Di industri, gas biasa digunakan sebagai bahan bakar untuk membuat keramik dan semen. Sebagai bahan bakar industri, gas alam biasa digunakan untuk industri, petrokimia. Petrokimia merupakan bahan bakar untuk membuat pupuk, detergen, produk obat, plastik, dan lain-lain.
Energi Dapat Berubah Bentuk
Energi itu unik, energi dapat diubah menjadi bentuk energi lain. Energi panas dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak. Energi dapat diubah menjadi energi listrik.
Tetapi apa fungsinya perubahan energi ini bagi kehidupan kita?
Kadang kita menggunakan energi secara langsung. Misalnya energi panas dari matahari untuk menjemur pakaian atau energi panas dari minyak tanah untuk memasak. Namun, seringkali kita membutuhkan energi tidak secara langsung. Misalnya, panas dari batu bara diubah menjadi energi yang lebih kita butuhkan, yaitu listrik. Dalam bentuk listrik, energi dapat dengan mudah disalurkan lewat kabel. Energi listrik juga dapat digunakan untuk menyalakan televise, radio, dan peralatan elektronik lainnya.
Perubahan bentuk energi ini selain buatan, juga terjadi secara alami. Misalnya proses yang terjadi dalam penglihatan kita. Kita bergantung pada energi cahaya untuk dapat melihat. Energi cahaya diubah dimata kita menjadi energi listrik pada sel saraf kita. Energi listrik tersebut kemudian menuju,otak yang memungkinkan kita untuk gambar yang ada disekeliling kita.

0 komentar:

Pasang Emoticon Anda!

Posting Komentar

About Me