topbella

Jumat, 15 Maret 2013

TATA SURYA DAN RUANG ANGKASA


Hemm, udah lama nih ia saya gak posting-posting diblog. Soalnya lagi sibuk ngurusin ujian nih, ia berhubung sekarang baru ada waktu makanya saya manfaatin buat ngisi materi. Oops, jadi curcol nih ia. Tapi gak apa-apakan soalnya gak ada tempat buat mencurahkan isi hati ini, yahh curcol lagi nih.
Hahaha
Ok, deh langsung aja deh gak usah basa-basi. Nih langsung simak baik-baik ia, saya disini menulis tentang pengetahuan tata surya gitu. Maaf-maaf aja soalnya nih juga ndadak buat materinya, kalo masih kurang harap dimaklumi ia.  

TATA SURYA DAN RUANG ANGKASA
Teori tantang Tata Surya
            Matahari terbit ditimur bergerak melintasi langit sampai kebarat, tempat terbenamnya merupakan fenomena yang berulang-ulang setiap harinya dan dapat diamati dengan jelas. Hal inipun terjadi pada pergerakan bulan dan bintang-bintang setiap harinya.
 Gambar:  Tata Surya
 Tata surya diantaranya terdiri dari:
1.    Matahari
Bintik-bintik pada permukaan Matahari yang bertanda gelap disebut bintik matahari (sunspots). Bintik matahari ini selaluberubah bentuknya secara continue (terus-menerus).
Galileo mencatat bahwa bintik matahari bergarak melewati piringan matahari. Hal ini menunjukkan bahwa matahari bergerak berotasi atau berputar pada sumbunya. Bintik matahari Nampak gelap jika dilihat karena latar belakang dari keseluruhan matahari lebih terang daripada bintik-bintik tersebut.

1.    Aurora (Fajar)
Aurora (cahaya dari Utara) merupakan salah satu pamandangan yang sangat mengagumkan. Pita-pita berwarna Nampak berlomba-lomba melintasi langit dan tirai yang menyala-nyala dari cahaya yang timbul seolah-olah berdenyut ketika mengalami perubahan bentuk.
Fenomena dari  aurora yang terjadi dibelahan bumi bagian utara disebut aurora borealis, sedangkan yang terjadi dibelahan bumi bagian selatan disebut aurora autralis.
Gambar: Aurora Borealis      
 Gambar: Aurora Autalis
1.    Planet-planet
Sampai abad ke-17, system tata surya hanya dikenal memiliki 5 planet selain bumi dan bulan. Pada tahun 1609, Galileo menambahkan 4 benda angkasa lainnya kedalam system tata surya. Ada 9 planet menurut susunannya, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Kemudian pada 7 september 2006, disepakati bahwa Pluto bukan termasuk planet, melainkan asteroid.
Gambar: Planet-planet
1.    Planet-planet Dalam
a.    Merkurius
              Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari, jarak dari Matahari sekitar 57 Km. Hal tersebut mengakibatkan temperature merkurius mencapai 420˚C pada siang hari dan -178˚C pada malam hari. Sedangkan jarak dengan Bumi kira-kira 92 juta Km. Semua palanetberputar pada sumbunya. Merkurius berputar lambat, satu putaran membutuhkan waktu 58,6 hari. Selain itu, semua planet bergerak mengelilingi Matahari yang disebut dengan masa orbital. Massa orbital Merkurius selama 88 hari. Planet Merkurius tidak memiliki satelit.
Gambar: Planet Merkurius dengan sebagian permukaannya.
a.    Venus
Ukuran dan massa planet Venus menyerupai bumi. Atmosfer divenus dipenuhi dengan lapisan-lapisan awan tebal yang mengandung asam sulfat. Pada atmosfer diatas awan-awan ini, Venus diselimuti awan lebih tebal menahan panas lebih banyak disbanding Bumi. Tidak mungkin ada kehidupan didalam planet Venus karena temperatur divenus sangat tinggi dan tidak ada oksigen serta jumlah air sangat sedikit.
Gambar: planet Mars
a.    Bumi

Bumi, tempat kita hidup dan berdiam merupakan planet ketiga dari Matahari didalam susunan tata surya. Bumi memiliki 1 satelit yaitu Bulan. Bentuk Bumi mendekati bulat dan sedikit pipih. Rotasi perputaran Bumi menyebabkan bentuk Bumi pada khatulistiwa sedikit menonjol kearah luar, sehingga diameter khatulistiwa 43 km lebih besar dari kutub ke diameter kutub.
Massa bumi diketahui sekitar 5,97x10 kg dengan periode (massa waktu) orbit sekitar 365.24 hari, jari-jari Bumi sekitar 6378 km, dan periode rotasi (berputar pada sumbunya) sekitar 23 jam 56 menit 4 detik. 71% permukaan Bumi diselimuti air. Atmosfer menyelimuti Bumi dan melindungi makhluk dari bahaya sinar ultraviolet. Atmosfer Bumi tersusun dari 78% Nitrogen, 21% Oksigen, 1% Argon dan gas lain. Permukaan atau kulit Bumi terbentuk dari batu-batuan dan mineral.
1.    Planet-planet Luar
a.    Jupiter
Planet terbesar adalh Jupiter. Seperti halnya dengan Venus, Jupiter, selalu diselubungi awan sehingga permukaannya tidak pernah terlihat. Lapisan atmosfer Jupiter sangat tebal. Temperatur palanet Jupiter sangat rendah yaitu -200˚F. Jupiter berotasi membutuhkan waktu 10 jam. Massa orbitalnya membutuhkan waktu 12 tahun. Terdapat 39satelit yang dimiliki Jupiter. 4 diantaranya ditemukan Galileo pada tahun 1610. 4 satelit besar terdebut, yaitu IO, Europe, Ganymeda, dan Callisto.
Gambar: planet Jupiter
a.    Saturnus
Saturnus merupakan planet yang paling indah. Planet ini lebih menyerupai Jupiter. Letak planet ini lebih jauh dari Matahari dibandingkan planet Jupiter. Saturnus memiliki 19 satelit. Satelit terbesar adalah Titan. Pergerakan planet Saturnus dalam waktu 30 tahun disekitar Matahari, dapat dilihat dari bentuk sudut cincin yang berbeda-beda. Dalam 2x putaran selama 30 tahun periode, cincin-cincin itu berjalan dalam arah miring terhadap Bumi dan pada sedemikian rupa cincin-cincin ini tidak akan tampak.
Gambar: planet Saturnus
a.    Uranus
Uranus ditemukan secara kebetulan pada 1781 oleh seorang astronom Inggris, Sir William Herschel. Nama Uranus diambil dari Quranos, salah satu Tuhan dalam kepercayaan Yunani. Uranus merupakan planet ketujuh dari Matahari, dengan sumbu putar hamper seluruhnya terletak pada bidang orbit mengelilingi Matahari. Hal ini menghasilkan bintang-bintang yang tidak lazim serta menyebabkan struktur medan magnet dan medan listrik yang unik. Uranus terlihat biru kehijauan, karena gas methane pada atmosfer. Uranus memiliki 21 satelit dan 11 cincin. Satelit terbesar adalah Oberon dan Titania, sedangkan yang terkecil adalah Miranda.
Gambar: planet Uranus
a.    Neptunus
Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari yang ditemukan pada 1846. Neptunus memiliki diameter lebih kecil, tetapi massa lebih besar dari Uranus. Neptunus memiliki 13 satelit, berotasi selama 19 ½ jam pada sumbunya dan massa orbitalnya selama 165 tahun. Komposisi Neptunus, yaitu 15% Hidrogen dan sedikit Helium.
Gambar: planet Neptunus
1.    Meteor
Meteor biasa disebut sebagai bintang jatuh, merupakan bagian benda-benda angkasa yang terpisah dari asteroid. Orbit meteor terhadap Matahari dinamakan Meteorid, yang terdiri atas bebatuan dan bongkahan logam seperti besi dan nikel. Gerak meteor yang cepat sekalimelalui atmosfer, membuat meteor-meteor terpanasi secara teratur oleh gesekan-gesekan. Sebagian besar meteor terbakar sekitar 60 mil diatas Bumi dan akan Nampak sebagai garis-garis yang bercahaya dilangit. Kadang-kadang meteor meteor besar tidak terbakar habis sebelum mencapai Bumi.
Meteor besar yang jatuh ke Bumi akan membentuk kawah-kawah, seperti kawah Barringer diwilayah Arizona. Kawah ini terbentuk oleh meteor yang kira-kira 40.000 tahun yang lalu.
2.    Komet
Komet merupakan benda besar dalam tata surya. Ukuran melebihi 10 mil dan ekor yang panjangnya jutaan mil sampai ke angkasa. Komet terlihat sebagai sepotong cahaya berkabut yang kecil, dan seringkali disertai ekor berselaput panjang.
Komet akan nampak ketika mendekati Matahari. Hal ini karena pantulan atau refleksi dari sinar matahari oleh bahan-bahan pembentuk komet tersebut dan sebagian karena gesekan antar atom yang membuat gas neon bersinar.
Gambar: Komet halley
1.    Asteroid
Asteriod merupakan planet berbatu yang kecil. Asteroid memiliki ukuran lebih dari 1 km, yang terbesar 700 km. Terdapat beribu-ribu asteroid dalam system tata surya. Sebagian besar asteroid dijumpai pada sabuk utama yaitu anatara orbit Mars dan Jupiter. Pada system tata surya terdapat 136.563 asteroid.
Penemuan asteroid pertama pada 1801 oleh Piazzi , seorang astronom Italia. Asteroid temuannya diberi nama Ceres. Pada awalnya yang berdiameter 900 km, didyga sebagai planet hilang sebagaimana diramalkan oleh hukum Titius-Bode.



















0 komentar:

Pasang Emoticon Anda!

Posting Komentar

About Me